XHTML Bahasa Web Masa Depan

HTML adalah “bahasa” web yang sehari-hari seorang desainer Web pergauli, baik itu secara langsung, maupun secara tidak langsung. Sejak tahun 1990-an HTML dipergunakan untuk menghantarkan informasi dari satu komputer ke komputer lain melalui Web browser. Zaman mengalami perubahan, kini, posisi HTML akan digantikan dengan XHTML. Apakah itu XHTML?
XHTML singkatan dari Extensible Hipertext Markup Language adalah “bahasa baru” yang dibuat oleh W3C untuk menggantikan kedudukan HTML. Namun sebenarnya, XHTML adalah gabungan dari HTML dan XML. Sejak kelahirannya XHTML 1.0 pada tahun 2000, kemudian XHTML 1.1 dirilis pada tahun 2001. Tentu saja dengan adanya XHTML tidak semata-mata hanya menggantikan, tentunya XHTML memiliki kelebihan dibandingkan dengan HTML.

XHTML dibuat dengan tujuan agar terdapat sebuah “bahasa” standar yang dapat digunakan oleh aplikasi lain secara luas dan oleh platform yang berbeda. Dengan menggunakan XHTML, sebuah situs masih dapat dinikmati dengan baik menggunakan browser teks, PDA, Phone Cell, dan lain-lain. Sedangkan HTML hanya dapat dinikmati dengan baik bila menggunakan Web Browser seperti IE atau Netscape. Hal ini memungkinkan halaman Web yang menggunakan HTML akan lebih dapat diterima secara luas oleh berbagai aplikasi.
Dalam XHTML muncul aturan-aturan baru yang berbeda dengan HTML, penggunaan tag HTML dipersempit dan penggunaan CSS diperluas. Namun XHTML menerapkan 3 aturan untuk penulisan tag, antara lain:

XHTML - Strict / strict doctype declaration: Penggunaan doctype ini, Anda mengontrol seluruh layout dan format sebuah halaman Web melalui CSS. Tidak menggunakan tag font dan table (deprecated).

XHTML - Transitional / transitional doctype declaration: Anda dapat menggunakan sebagian besar tag-tag HTML seperti Font dan Table untuk melayout halaman.

XHTML - Frames / frameset declaration: Penggunaan Frame pada halaman Web.
XHTML memungkinkan sebuah halaman Web dapat terlihat lebih bersih karena penggunaan CSS (baik itu external, embeded, atau in line) dalam memformat halaman Web.

0 comments: