RobOt pUnya perAsaan??

Teknologi Masa Depan dan Dunia Usaha

Pergi bekerja dari rumah ke kantor dengan cara terbang menggunakan roket di punggung mungkin akan terjadi pada tahun 2030.
Itulah perkiraan yang disampaikan oleh seorang panelis pada Diskusi ”Sewindu Reformasi Mencari Visi Indonesia 2030”. Tidak hanya orang, mobil pun bisa terbang. Dahsyat dan menakjubkan jika hal itu benar-benar terjadi nanti.

Mereka-reka apa yang akan terjadi di Indonesia 25 tahun yang akan datang memang tidak mudah karena itu menyangkut perjalanan bangsa Indonesia dan umat manusia di dunia dalam satu generasi.
Bukan tidak mungkin nanti robot akan memiliki perasaan seperti manusia melalui rekayasa DNA. Sebaliknya, sebagian perangkat tubuh manusia akan ditambah dengan peralatan robot. Misalnya, pada sebagian tangan atau kaki manusia nanti ada perangkat robotnya sehingga dapat memiliki tenaga ekstra untuk bekerja atau berkarya melebihi manusia yang hidup pada zaman sekarang.
Tidak hanya itu. Sangat boleh jadi nanti manusia bisa melihat kehidupan masyarakat di masa depan setelah ”dikirim” melalui perangkat yang disebut lorong waktu (time tunnel) sehingga bisa mengetahui atau bahkan bisa mencegah kemungkinan hal-hal yang bisa membinasakan kehidupan umat manusia di masa datang.
Jika kita membayangkan itu semua, sepintas mungkin seperti mimpi atau sama seperti kita menyaksikan film-film fiksi sains di layar kaca atau bioskop.
Namun, hal itu sangat mungkin terjadi melalui revolusi teknologi dan bioteknologi. Sebaliknya, jika kita melihat kondisi Indonesia sekarang, yang kita saksikan adalah arus deras masuknya barang-barang dan perangkat teknologi impor.
Sebagian dari kita merasa bingung dan terkaget-kaget pada perkembangan teknologi itu. Namun, sebagian lagi merasa tertantang oleh arus masuk teknologi modern dalam ranah kehidupan kita sehari-hari. Sebagai pengguna, adakalanya sebagian dari kita gagap dan bingung menghadapi perkembangan teknologi yang berlangsung cepat ini.
Contohnya, ketika sejumlah menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu dilengkapi dengan alat kerja canggih untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik melalui sebuah gadget, sebagian di antara mereka ada yang gagap teknologi atau gaptek.
Kalau di antara penentu kebijakan masih ada yang lack of technology (kurang paham teknologi), sangat bisa dimaklumi kalau masyarakat pada umumnya juga kesulitan untuk dapat menerima teknologi baru. Bagi sebagian orang, cara berkomunikasi seolah dianggap baru sempurna kalau dilakukan secara lisan dengan bertatap muka secara langsung.
Demikian pula dalam cara kita bekerja, adakalanya pergi ke kantor merupakan suatu keharusan. Padahal, di era serba cepat seperti sekarang, pekerjaan selayaknya berorientasi pada memaksimalkan output (hasil).
Untuk pekerjaan tertentu, tidak mutlak lagi harus dikerjakan di kantor, tetapi bisa juga dikerjakan di rumah. Oleh karena itu, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah small office home office (SOHO).
Di era serba teknologi seperti sekarang, cara berkomunikasi dan melakukan transaksi bisnis yang efektif tidak selalu harus melalui cara bertatap muka meskipun hal itu bisa menimbulkan gugatan dari aspek budaya.
Seperti kita ketahui, pada tahun 1990-an, transaksi perbankan masih dilakukan secara konvensional, di mana nasabah yang hendak mentransfer uang masih harus mendatangi kantor bank dan bertemu langsung dengan customer service. Kalau banyak yang akan melakukan transaksi, para nasabah harus bersabar untuk antre. Kondisi ini tentu saja sangat menyita waktu dan sering menjengkelkan.

Namun, kini, transaksi perbankan sudah bisa dilakukan dalam waktu cepat melalui internet banking. Melalui sentuhan tangan di keyboard komputer yang terhubung ke jaringan internet atau melalui smartphone, sekarang nasabah sudah bisa melakukan transaksi perbankan dari mana dan kapan saja. Perkembangan teknologi informasi mampu mengatasi dimensi waktu, ruang, dan jarak.
Jaringan komunikasi yang berkembang demikian pesat telah banyak membantu umat manusia dan sejumlah perusahaan di jagat raya ini untuk saling berinteraksi dan melakukan transaksi bisnis satu sama lain.
Proses pengiriman berita dari atas pesawat kepresidenan yang sedang mengisi bahan bakar di Bandara Hongkong bisa dilakukan penulis dalam waktu relatif singkat melalui sebuah gadget, ketika mengikuti rombongan Presiden Abdurrahman Wahid pada tahun 2001.

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara pandang dan perilaku orang dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga bisa mengubah mekanisme kerja sebuah perusahaan. Adakalanya perkembangan teknologi informasi yang berlangsung dengan cepat bisa melampaui perkembangan perusahaan itu sendiri.
Oleh karena itu, perusahaan yang lambat dalam mengikut perkembangan teknologi bisa jadi akan tersisih dari dinamika masyarakat dan kemungkinan bisa kalah dalam persaingan usaha. Saat ini jaringan internet relatif sudah memasyarakat meskipun di Indonesia masih terbilang mahal untuk bisa memakai internet, bila dibandingkan dengan di negara maju.

Melejit bagaikan meteor
Sekarang perkembangan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi berlangsung demikian pesat. Melejit bagaikan meteor. Dengan demikian, kalau sebuah perusahaan tidak melek teknologi, mereka bisa sangat jauh ketinggalan. Pasalnya, life cycle suatu teknologi semakin singkat dan mudah menjadi kedaluwarsa.
Oleh karena itu, investasi di bidang teknologi informasi perlu mengutamakan dua hal penting. Pertama, dari aspek finansial harus memenuhi return on investment (ROI) yang cepat. Kedua, dari sisi teknis, investasi di bidang teknologi informasi antara lain perlu memerhatikan biaya pemeliharaan, keamanan, dan bersifat user friendly.
Jika misalnya sebuah perusahaan menggunakan pesawat telepon PABX atau memakai mesin lift yang sudah tidak diproduksi lagi oleh pabriknya atau sulit suku cadangnya, dipastikan hal itu akan membebani keuangan perusahaan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, perkembangan teknologi komunikasi dan informasi perlu terus diikuti agar sebuah perusahaan bisa melakukan investasi dengan cepat dan tepat agar tidak sia-sia.
Demikian pula, misalnya, jika perusahaan hendak memutuskan untuk membeli atau menyewa seperangkat server untuk mem-back up semua data perusahaan, selayaknya dipertimbangkan dengan tepat kebutuhan dan manfaatnya.
Investasi dalam bidang teknologi informasi hendaknya jangan dilihat pada nilai uang yang dikeluarkan pada saat ini, tetapi harus dilihat output dan manfaatnya dalam jangka panjang.
Setiap perusahaan memiliki kebijakan berbeda soal penggunaan teknologi informasi, tergantung pada visi dan misi serta kultur dari perusahaan tersebut. Perusahaan keluarga yang konservatif biasanya daya adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi tidak fleksibel seperti perusahaan modern yang dikelola oleh para pekerja profesional.
Di negara-negara maju seperti Jepang, proses produksi dari perusahaan-perusahaan manufaktur sudah memakai tenaga robot karena tenaga manusia sudah sangat mahal di Negeri Sakura itu. Sebaliknya, di negara berkembang seperti Indonesia, pemakaian robot dapat mengancam keberlangsungan tenaga manusia.
Mungkinkah pemakaian robot dapat dilakukan pada saat jumlah penduduk Indonesia berkurang? Lalu, bagaimana pula jumlah penduduk Indonesia bisa berkurang, sementara angka pertambahan penduduk sekarang rata-rata 1,6 persen per tahun?
Mereka-reka pertanyaan tersebut bisa saja dilakukan. Karena itu, jawabannya bisa berbunyi, Indonesia bisa saja nanti menggunakan tenaga robot karena kalau kondisinya terus seperti sekarang, jumlah penduduk bisa berkurang secara alamiah karena sebagian meninggal dunia akibat kelaparan dan bencana alam yang disebabkan oleh faktor manusia Indonesia sendiri.
Jawaban lain, bangsa Indonesia yang semula sebagai negara kepulauan yang besar dengan jumlah penduduk yang banyak bisa jadi akan menyusut karena masing-masing provinsi menuntut untuk menjadi negara sendiri agar bisa mengelola daerahnya secara lebih otonom dan bisa maju lebih cepat.
Jawaban di atas memang agak pesimistis dan seolah-oleh membenarkan kekhawatiran dari sebagian kalangan selama ini bahwa kemajemukan masyarakat Indonesia akan sulit dipertahankan, sementara Negara Kesatuan Republik Indonesia juga terancam perpecahan karena tidak adanya figur pemimpin yang kuat dan bisa dijadikan panutan masyarakat.
Tentunya, kita sangat tidak berharap hal itu terjadi. Kita menginginkan generasi yang akan hidup di tahun 2030 bisa tetap tinggal di negara Indonesia yang memiliki jumlah pulau sebanyak 17.000 dan 400 bahasa dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Semoga.

20 comments:



Anonim mengatakan...

Hi semua pada vestigeniuz21.blogspot.com . Apa yang Anda pikirkan tentang resep ayam?rncontoh:rnApel brendi ayam , dibuat dengan bagian dada ayam , apel brendi , krim , bawang , dan mentega , bersama dengan jamur .rn    4 dada ayam bagianrn  rn    garam dan mericarn    8 ons irisan jamurrn    2 sendok teh minyak zaitunrn    2 sendok teh mentegarn    1 / 3 cangkir apel brendi, seperti Apple Jack atau Calvadosrn    4 hijau bawang, cincangrn    1 / 2 cangkir krim dijahit atau krim kentalrn    1 sendok teh daun thyme segar atau daun thyme 1 / 4 sendok teh keringrn  rnpersiapan :rnRatakan ayam; tempat bagian dada ayam antara potongan bungkus plastik dan lembut pon sampai menipis dan seragam dalam ukuran . Taburi dengan garam dan merica. Dalam sebuah wajan besar minyak berat , zaitun panas dan mentega di atas api sedang . Tambahkan dada ayam . Masak selama sekitar 5 menit , sampai kecoklatan , kemudian hidupkan . Tambahkan jamur dan masak selama sekitar 5 menit lagi . Tambahkan bawang hijau dan brendi apel dan masak satu menit lagi, sampai ayam matang dan jamur lunak. Tambahkan krim dan thyme ; didihkan sampai mengental . Cicipi dan tambahkan garam dan merica jika dibutuhkan .rnApakah Anda lagi ide ? [url=http://freerecipesforchicken.info/]recipes for chicken[/url]

Anonim mengatakan...

purchase ativan many 1mg lorazepam get high - ativan withdrawal with valium

Anonim mengatakan...

xanax cheap xanax overdose how many pills - xanax dosages for anxiety

Anonim mengatakan...

generic valium buy brand valium online - buy valium no prescription online

Anonim mengatakan...

order ambien online ambien overdose effects - buy discount ambien

Anonim mengatakan...

zolpidem no prescription buy zolpidem 10mg tablets - where to buy ambien cr online

Anonim mengatakan...

order xanax no prescription xanax side effects mayo clinic - much does generic xanax cost walmart

Anonim mengatakan...

buy diazepam online diazepam ratiopharm 10 mg beipackzettel - diazepam side effects animals

Anonim mengatakan...

diazepam for dogs buy diazepam in australia - buy diazepam for dogs

Anonim mengatakan...

buy ambien online ambience mall gurgaon location - ambien and alcohol combination

Anonim mengatakan...

ordering ambien online ambien cost - ambien discount programs

Anonim mengatakan...

buy diazepam online valium price in pakistan - generic 5 mg valium

Anonim mengatakan...

order ambien online price of ambien street - generic ambien pill description

Anonim mengatakan...

buy ambien online generic ambien cr coupon - ambien side effects eyes

Anonim mengatakan...

Once you have grasped the idea that life is an occurrence that you are in control of, and you grow to understand that you are not in school to learn anything, you will begin to look farther ahead to greater awareness with the knowledge that the spirit is eternal and cannot be destroyedBringing one individual into another's life can result in tremendous changes for both people, and for youA popular choice for printing is the inkjet printer and they are used in a multiplicity of worldwide settings
Naming your baby after him may keep you in the will, but naming your puppy after him won't Example: Take rich 'powerful' menThere are other useful definitions in this field, for example, creativity can be defined as consisting of a number of ideas, a number of diverse ideas and a number of novel ideas By helping others, anger and pain are transformed into power; the power to make our world better in the wake of crisis

[url=http://www.authenticnikefalconsshop.com/roddy-white-jersey-for-sale-c-15_21.html]Roddy White Jersey[/url]
[url=http://www.authenticnikefalconsshop.com/roddy-white-jersey-for-sale-c-15_21.html]Cheap Roddy White Jersey[/url]
[url=http://www.authenticnikefalconsshop.com/matt-ryan-jersey-for-sale-c-15_18.html]Cheap Matt Ryan Jersey[/url]

Anonim mengatakan...

Here is the verse: "When He opened the fifth seal, I saw under the altar the souls of those who had been slain for the Word of God and for the testimony which they held In most cases, people in a team or work group may never all see the same training, except for the Course du Jour or One-Size-Fits-All variety There are many kinds of basketball kits out there in the market; the ones that are popular are the ones that represent the National Basketball Association (NBA) in the States Sharing experiences will build one of the strongest bonds with others
Discover more people, places, ideas and activities that delight and amuse you Record successes and failures I thank God that He allowed me to turn to the channel and hear those people talkingWhat is my reaction? Because of my personality style, I retreat, become aloof, and lose myself in my work

[url=http://www.authenticnikefalconsshop.com/matt-ryan-jersey-for-sale-c-15_18.html]Matt Ryan Jersey Sale[/url]
[url=http://www.authenticnikefalconsshop.com/tony-gonzalez-jersey-for-sale-c-15_22.html]Cheap Tony Gonzalez Jersey[/url]
[url=http://www.authenticnikefalconsshop.com/julio-jones-jersey-for-sale-c-15_19.html]Nike Julio Jones Jersey[/url]

Anonim mengatakan...

They believed the Bible In no way, shape or form am I suggesting that you withhold food from your dog ? that's cruel and unusual punishment any way you look at it Depending on whether or not adequate knowledge was gained the student will pass or fail the test Nowhere else can you find as large a selection of NFL clearance clothing than at NFL Shop Online
Be proud of your services and have confidence that you have something to offer people that they need and want Adding a letter or number at the beginning of a label, such as a-Team Members and b-Projects, will sort these towards the top of your Inbox The earliest known locality where emeralds were found was in Upper Egypt near the coast of the Red Sea

[url=http://www.seahawksnflprostore.com/]Russell Wilson Youth Jersey[/url]
[url=http://www.broncosnflprostore.com/]Von Miller Elite Jersey[/url]

By far the great majority are flattened or variously distorted and have little value)? Ask them how you can help them reach their new performance goals When you buy a new printer, it generally comes with a CD A bicyclist may also pick zippered pockets

[url=http://www.andrewluckjerseys.us/]Andrew Luck Women's Jersey[/url]

Anonim mengatakan...

Discount chanel bagss chanel handbags selling [URL=http://www.everychanel.com/#coco chanel lyrics ]chanel outlet[/URL] jq8i09 , buy [URL=http://www.lightchanel.com/#chanel stores in paris ]chanel handbags[/URL] me9u59 2011 new style [URL=http://www.theychanel.com/#chanel necklace devil wears prada ]chanel handbags[/URL] kb5p23 , saving 60% right now. fast shipping


http://www.gzccsc.com/plus/view.php?aid=87265
http://www.zqskl.cn/plus/view.php?aid=10381
http://docxun.com/home.php?mod=space&uid=126437&do=blog&id=1478910

Anonim mengatakan...

This way you'll know if your pills that you've been taking go a long way you aren't. Good sources of fats- nuts, olive oil, fish oil, flax seed oil, natural peanut butter phen375 i told my partner we need to both do it by modifying or no less than making our own menu by combining the do's for both our blood types. Benefits - Like all standing yoga poses, tree pose too, has numerous benefits. This is the conclusion of a recent study into diabetes nutrition at Lund University in Sweden http://www.phen375factsheet.com i hope you'll please take a short while of yourtime to view her video and tune in to her success story. You must note that this product could cause allergic reaction, potential liver failure, jittery feeling, headache, slight sleeplessness and several nervous problems [url=http://www.phen375factsheet.com/]phen375[/url] grapefruit is also consumed at each meal, because it is believed any time grapefruit is combined having a high protein meal like cottage type cheese, weight reduction happens faster.

Anonim mengatakan...

Youг current аrticle proviԁes vеrifiеd useful to us.
It’s quitе educational anԁ you're simply obviously quite knowledgeable in this field. You have got opened up my personal sight in order to varying thoughts about this specific matter together with intriguing, notable and solid content.

my web-site; Viagra