e-bUssineS pada rUmah sakiT


Web ini mengharuskan si user (calon ibu) membuat account, tentunya dengan cara mengisi form yang telah disediakan dan didalam form tersebut kita diharuskan menginput bio data lengkap dan nomor credit card si user karena semua pembayaran akan dilakukan secara otomatis.

Nah, setelah membuat account kita dapat menikmati layanan dari web ini yang antara lain : Rumah sakit, Dokter, Apotek, Kartu control, mailing list dan shopping chart (ini hanya rencana awal). Sekarang saya akan menjelaskan menu tersebut one by one, so let’s check it out.

DOKTER

Di menu ini si user dapat berkonsultasi secara online dengan dokter-dokter spesialis kandungan yang sedang online dan dari daftar itu pula kita dapat memilih dokter yang akan menjadi dokter pribadi kita. Anggaplah misalnya kita memilih dokter Dimas Jaka Hartadi S.kom sebagai dokter pilihan kita. Setelah itu kita harus mengisi form histories about kandungan si user. Misalnya sudah berapa bulan kandungannya. Pada saat kita mensubmit form tersebut maka kita akan mendapatkan kartu control virtual dan jadwal check up tiap bulannya sehingga kita tidak perlu lagi repot2 mengantri setiap bulannya untuk mendapatkan nomor.

RUMAH SAKIT

Di menu ini berisi profile dari beberapa rumah sakit bersalin, sehingga si user dapat memilih rumah sakit yang diinginkan tanpa harus datang berkunjung ke rumah sakitnya. Disini kita bisa mengetahui fasilitas, tarif maupun nama-nama dokter yang tergabung di rumah sakit tersebut.

Setelah menentukan pilihan rumah sakit bersalin, kita juga bisa melakukan reservasi secara online hanya dengan mengisi form yang disediakan. Isi form itu tentunya harus berisi “kapan tanggal masuk” dan “kamar kelas apa yang akan diambil”. Setelah kita mensubmit form tersebut maka pihak rumah sakit itu akn mengirim balasan via email tentang reservasi tersebut dalam beberapa hari pasca reservasi yang kita lakukan.

APOTEK VIRTUAL

Di menu ini kita bisa melakukan searching nama-nama obat dan nama apotek yang menyediakan obat tersebut. Misalnya kita menginput keyword “sakit kepala” dan mengklik tombol search, maka system secara otomatis akan menampilkan nama obat yang dapat menyembuhkan sakit kepala dan nama apotek yang menjual obat tersebut.

Selain itu apotek virtual ini juga akan saling terkoneksi dengan jaringan dari dokter pilihan kita. Jadi seandainya dokter kita memberi resep maka data tentang resep tersebut akan dikirim ke database apotek sehingga setelah melakukan check up di dokter kita hanya disuruh menuju ke suatu apotek untuk mengambil resep kita tanpa harus mengantri ataupun menunggu lebih lama untuk mengambil resep kita.

KARTU KONTROL VIRTUAL

Di menu ini akan berisi semua history tentang jadwal check up dan obat-obat yang pernah kita konsumsi. Kartu ini diisi secara otomati melalui database dari dokter yang melayani kita. Dan tentu saja kita tidak perlu takut dengan yang namanya “KEHILANGAN KARTU KONTROL

MAILING LIST

Mungkin kita sudah tidak asing dengan yang namanya mailing list. Di menu ini kita akan terhubung dengan semua mailing list tentang persalinan dan kesehatan.

SHOPPING CHART

Mungkin inilah menu yang paling disukai oleh kalangan ibu-ibu. Disini kita bisa berbelanja peralatan baby secara online hanya dengan berbekal nomor kartu kredit suaminya….. hehehehhe.

Semua yang namanya “pembayaran” akan dilakukan secara otomatis via rekening. Mau bayar Dokternya kek, rumah sakitnya kek, obatnya kek, sampai peralatan babynya semua dilakukan via rekening. Jadi kita juga tidak perlu takut yang namanya “Ihhh….. Dompetku ketinggalan di rumah”

0 comments: