Mempersatukan Produktivitas dan Kenyamanan Multimedia..

Pada awalnya bukan termasuk gadget seperti yang kita pahami dalam pengertian luas boys with toys. Kita tidak akan menemukan perangkat Blackberry yang menggunakan kamera digital seperti pada ponsel yang lebih condong menjadi gadget toys bagi sebagian besar kita.

Produk buatan Research In Motion (RIM) asal Kanada ini adalah produk serius yang dirancang untuk orang-orang bekerja dan meningkatkan produktivitas, baik melalui suara maupun e-mail. Namun, di sisi lain ada fenomena lain yang berkembang yang condong menjadi para pengguna Blackberry menjadikan kecanduan sehingga sering kali dijuluki juga sebagai "Crackberry".

Produk Blackberry yang sekarang beredar di pasaran Indonesia adalah seri 8707v (foto atas) yang didistribusikan di Indonesia melalui operator seluler XL. Bentuknya besar, dengan tombol papan ketik intuitif, tanpa kamera, tetapi memiliki fitur koneksi jaringan 3G.

Bisa dipastikan kalau Blackberry 8707v ini akan lebih menyebabkan kecanduan yang mendalam karena koneksi 3G yang cepat menyebabkan siapa saja yang menggunakan produk buatan RIM ini untuk setiap kali mengeluarkannya dari saku untuk mengakses e-mail. Fitur yang membedakan produk ini dari produk RIM sebelumnya adalah kapasitas memori internal dua kali lebih besar daripada sebelumnya dan bisa menggunakan MP3 sebagai nada dering.

Mutiara hitam

Produk RIM yang paling baru masuk ke pasaran Indonesia dalam jumlah terbatas adalah Blackberry Pearl (foto bawah). Bentuknya jauh lebih futuristik dibandingkan dengan produk Blackberry sebelumnya, setara dengan produk yang sama Blackberry 8800 yang sama-sama dikemas dalam plastik hitam mengilat dengan akses putih metalik di sisi-sisinya.

Tayangan layarnya tajam walaupun berukuran lebih kecil dibandingkan dengan produk Blackberry lainnya. Ketajaman layarnya memang memudahkan kita membaca dan membalas e-mail walaupun penggunaan keyboard dalam format QWERTY dengan dua sisi menjadi kendala tersendiri.

Pasalnya, fungsi QWERTY dalam Blackberry Pearl ini harus menekan bagian kiri dan kanan, yang pertama kali diperkenalkan oleh Sony Ericsson dalam ponsel cerdasnya seri M600. Cara yang paling mudah, dan ini sepertinya sudah dipersiapkan oleh para insinyur RIM, adalah mengaktifkan tekan satu tombol sehingga kita perlu menekan dua kali untuk huruf yang ingin digunakan.

Yang paling menarik dari produk terbaru RIM ini adalah penggunaan trackball yang berada di atas papan ketik, kecil seperti mutiara. Tombol berbentuk bola yang bisa digerakkan ke kiri-kanan dan atas-bawah ini jauh lebih menyenangkan dibandingkan dengan scrollwheel yang digunakan RIM selama ini seperti pada seri 8707v.

Dilengkapi dengan kamera digital, Blackberry Pearl mengukuhkan diri sebagai "boys gadget" yang tidak melulu hanya berorientasi pada produktivitas, tetapi juga menikmati kemajuan teknologi multimedia.

0 comments: