Aneka Prototipe Biometrik

Kriminalitas di jalur komputer membuat beberapa alat biometrik seperti identifikasi sidik jari dan pupil mata menjadi demikian populer. Alat keamanan yang memanfaatkan kode rahasia di tubuh manusia itu diperkirakan akan menjadi alat keamanan masa depan. Pada saat ini, sejumlah prototipe produk biometrik telah berhasil dikembangkan oleh industri elektronik. Panasonic misalnya, mengembangkan alat pengenal pupil mata dan Siemens memperkenalkan mouse pintar yang dapat mengenali sidik jari dan telapak tangan penggunanya.

Beberapa anggota dari Lembaga Kepolisian Los Angeles, juga sedang pistol yang telah dilengkapi sistem keamanan sidik jari. "Produk itu dapat membantu pemilik senjata jika senjatanya jatuh dan hilang, tetapi orang yang menemukan atau mencuri senjata itu tak dapat menggunakannya," kata Lennart Carlson, Wakil Presiden Fingerprint Cards, perusahaan Swedia yang bergerak dalam bidang sistem keamanan. Inilah beberapa prototipe teknologi biometrik yang telah diaplikasikan pada sejumlah produk.

Authenticam
Panasonic meluncurkan sebuah produk baru yang disebut Authenticam. Alat ini merupakan sebuah kamera video kecil yang dilengkapi dengan perangkat lunak untuk pengenalan pupil mata dari Iridian Technologies. Produk tersebut berasal dari aplikasi para pengguna komputer pribadi dan didesain untuk berbagai urusan bisnis. Alat tersebut juga dapat dipakai sebagai pelindung untuk melakukan berbagai akses seperti surat lamaran dan jaringan kerja lainnya. Alat ini juga dapat dipakai sebagai alat kamera digital standar untuk web conference dan beroperasi dengan menggunakan program Microsoft NetMeeting. Harganya diperkirakan US$ 230.

ID Mouse
Divisi biometrik dari perusahaan Siemens AG menampilkan sebuah produk versi terbaru ID Mouse. Alat ini mampu membaca sidik jari pengguna ke dalam komputer pribadi standar yang secara otomatis dapat memblokir akses ke dalam komputer pribadi atau jaringan komputer lainnya. Alat ini dapat bekerja dengan program Windows 98, Me, 2000 dan NT 4.0. Harga produk tersebut adalah US$ 119.

Precise BioAccess SC
Precise Biometric meluncurkan produk barunya yang disebut Precise BioAccess SC, alat membaca sidik jari terbaru yang dapat diinstal dengan mudah ke sebuah pintu masuk bangunan guna menyakinkan bahwa orang yang diijinkan masuk adalah orang yang tepat. Produk tersebut dinilai cocok dengan standar keamanan yang umum.

SPP 250
Guna membantu peningkatan keamanan atas transaksi dalam internet, SPP Solution memperkenalkan SPP 250. Alat ini merupakan gabungan dari alat yang dapat membaca sidik jempol, password dan enkripsi PKI yang dapat membantu memastikan bahwa orang yang melakukan transaksi tersebut adalah orang yang benar. Sistem tersebut akan menginstruksikan kepada komputer pribadi dengan USB dan pusat data lain yang beroperasi. Alat ini dapat digunakan dalam program Windows 95, 98, Me, dan 2000. Untuk saat ini harga produk tersebut belum ditetapkan.

EnterPad AES3500
Melbourne AuthenTec, Florida memperkenalkan produk baru mereka yang disebut dengan EnterPad AES3500, sebuah alat sensor kecil untuk membaca sidik jari. Alat ini didesain untuk digunakan pada alat seperti laptop, telepon seluler dan PDA. Alat ini mempunyai ukuran 6,5 mm dan 6,5mm, dengan harga setiap unitnya sekitar US$ 10, untuk pemesan sebanyak 500.000 buah. cahyo junaidy

0 comments: